Angin Segar! Bantuan PKH dan BPNT Tahap 1 2024 Cair, Ketahui Cara Cek Nama Penerima Manfaat

Tuesday, 23 January 2024
Angin Segar! Bantuan PKH dan BPNT Tahap 1 2024 Cair, Ketahui Cara Cek Nama Penerima Manfaat
Angin Segar! Bantuan PKH dan BPNT Tahap 1 2024 Cair, Ketahui Cara Cek Nama Penerima Manfaat

murianetwork.com - Pada awal tahun 2024, bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) menjadi angin segar bagi para Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Bantuan ini sangat dinantikan oleh KPM yang sudah terdaftar di Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos) dan telah memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Proses pembagian bantuan ini ditunggu dengan harapan keputusan dari Pemerintah mengenai penyalurannya kepada setiap KPM penerima manfaat.

Saat ini, terlihat jelas bahwa bantuan PKH dan BPNT akan segera dibagikan kepada KPM dalam waktu dekat, seperti yang tertera dalam Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG).

Baca Juga: Cek Daerahmu! BLT BPNT dan El Nino Rp400 Ribu Cair Desember 2023, Simak Mekanisme Pencairan dan Wilayahnya

Dalam proses penginputan data di sistem yang dikelola oleh Kementerian Sosial, bantuan telah diverifikasi oleh tiga mitra penyalur melalui bank-bank yang termasuk dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), yaitu BRI, BNI, dan Mandiri.

Selain itu, mitra penyalur non-bank seperti PT Pos Indonesia juga telah diverifikasi.

Informasi terbaru mengenai bantuan PKH tahap pertama tahun 2024 telah tertera dalam SIKS-NG.

Bantuan ini terlihat teralokasikan untuk periode bulan Januari hingga Maret dan akan disalurkan melalui kartu KKS bank Himbara.

Nama-nama calon penerima manfaat juga sudah tercantum, dan pada bagian status keterangan rekening, tertera keterangan "rekening berhasil," sementara pada bagian keterangan SP2D masih terdapat strip.

Pencairan PKH dapat dilakukan melalui Kantor Pos Indonesia untuk periode bulan Januari hingga Maret 2024.

Informasi mengenai penyalurannya melalui pos dan daftar calon penerima manfaat sudah terdapat dalam SIKS-NG.

Pada bagian status keterangan rekening, rekening juga sudah tercatat berhasil, sementara pada bagian keterangan SP2D masih terdapat strip.

Bantuan BPNT yang akan dicairkan melalui kartu KKS bank Himbara juga sudah memiliki jadwal penyaluran untuk periode bulan Januari hingga Februari 2024.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: rimbanews.com

Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini