Menggunakan Chipset Apple M1, Ini Kelebihan iPad Air Gen 5

Sunday, 31 December 2023
Menggunakan Chipset Apple M1, Ini Kelebihan iPad Air Gen 5
Menggunakan Chipset Apple M1, Ini Kelebihan iPad Air Gen 5

iPad Air Gen 5

iPad Air Gen 5 atau iPad Air 2022 masuk ke Indonesia pada Mei 2022. Saat pertama kali rilis, perangkat ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp10 jutaan. Sama dengan dua generasi sebelumnya, iPad Pro 11 (2021) dan iPad Pro 12.9 (2021), iPad Air 2022 juga menggunakan SoC Apple M1. SoC yang satu ini dikenal memiliki performa yang cukup kencang, sehingga bisa digunakan untuk membantu produktivitas.

Meskipun bukan generasi terbaru iPad, namun produk ini masih sangat layak digunakan untuk meningkatkan produktivitas Anda. Apalagi harganya sudah jauh berkurang dibandingkan saat rilis, Anda bisa cek harganya di Blibli. Ada banyak keunggulan yang dimiliki produk ini, berikut beberapa diantaranya:

Desain Elegan dan Minimalis

Secara desain, iPad Air Gen 5 tidak jauh berbeda dengan pendahulunya iPad Air 2022. Perangkat ini masih mengedepankan kesan elegan dan minimalis dengan bodi berbahan alumunium. Di samping itu, tampilan tablet ini juga sesuai dengan preferensi konsumen zaman sekarang yang suka dengan perangkat datar atau flat.

Jika dilihat lebih detil, penempatan tombol dan port iPad Air 2022 juga masih sama dengan pendahulunya. Fitur pemindai jari dan tombol power terletak di sisi atas. Sedangkan tombol pengatur volume ada di sisi kanan atas. Posisi port USB C berada di bagian bawah. 

Menurut beberapa penguji, ukuran perangkat ini tidak terlalu besar dan tidak pula terlalu kecil. Tablet ini bisa masuk ke salam tas dan bobotnya terasa tidak terlalu berat. Dimensi iPad Air 2022 adalah 247,6 x 178,5 x 6,1 mm dengan bobot 461 gram untuk versi WiFi dan 452 gram untuk versi WiFi+selular. Perangkat ini hadir dalam beberapa pilihan warna, yakni abu-abu, staliht, pink, ungu, dan biru.  

Menggunakan SoC Apple M1

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya iPad Air Gen 5 menggunakan SoC Apple M1. SoC ini memiliki delapan inti CPU, delapan inti GPU, dan 16 inti neural engine (prosesor AI). Untuk CPU, konfigurasi delapan inti terdiri atas dua klaster, yakni core performa Firestorm yang memiliki empat inti dan core efisiensi Icestorm juga memiliki empat inti. Berdasarkan pengujian, Firestorm memiliki clock speed 3,2 Ghz, sedangkan Icestorm punya clock speed 2 Ghz. 

Pihak Apple mengklaim SoC ini mengalami peningkatan performa hingga 60% dibandingkan dengan chipset A14 Bionic yang digunakan pada iPad Air 2020. Hal inilah yang membuat iPad Air Gen 5 lebih unggul secara performa dibandingkan pendahulunya. GPU yang dimiliki tablet ini juga mengalami peningkatan performa dua kali lipat dibandingkan GPU dari A14 Bionic. Kinerja dapur pacu perangkat ini akan dibantu dengan RAM LPDDR4X 8 GB dan memori internal berteknologi NVMe berkapasitas 64 GB dan 256 GB. 

Memiliki Tampilan dan Suara yang Mumpuni

iPad Air Gen 5 dibekali dengan layar IPS LCD. Layar tersebut berukuran 10,9 inci dengan resolusi 1640 x 2360 piksel. Layar yang digunakan menerapkan kepadatan piksel 264 ppi yang disebut dengan Liquid Retina. Apple mengklaim layar ini memiliki rentang warna mencapai standar DCI-P3 dan tingkat kecerahan hingga 500 nit. Di layar ini juga terdapat fitur True Tone seperti yang ada di tabel dan ponsel iPhone lainnya. Fitur tersebut berperan untuk mengubah nuansa warna sesuai dengan kondisi sekitar. 

Layar tablet ini juga menggunakan lapisan oleofobik dan lapisan antireflektif. Lapisan oleofobik berguna untuk menangkal noda sidik jari, sementara lapisan antireflektif untuk mencegah agar layar tidak silau ketika terkena paparan cahaya dari luar. Kehadiran dua lapisan ini akan membuat Anda semakin nyaman menggunakan perangkat ini. 

Dari sisi audio, iPad Air Gen 5 memiliki dua speaker dengan konfigurasi stereo. Jumlah speaker perangkat ini tidak sebanyak iPad Pro 2021 yang memiliki empat speaker. Meski begitu, audio yang dihasilkan cukup baik. Menurut penguji, perangkat ini memiliki audio yang nyaring, lantang, dan enak didengar.

Kualitas Kamera Oke

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: sulsel.hallo.id

Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler