15 Investor Dalam Negeri Groundbreaking Proyek IKN pada Awal 2024

Sunday, 31 December 2023
15 Investor Dalam Negeri Groundbreaking Proyek IKN pada Awal 2024
15 Investor Dalam Negeri Groundbreaking Proyek IKN pada Awal 2024

Dewantara News- Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), menyampaikan jika akan ada 15 investor dalam negeri yang melakukan groundbreaking di Nusantara pada awal 2024.

15 pihak tersebut berasal dari dalam negeri, mulai dari lembaga negara, konsorsium, yayasan, dan investor swasta.

"Di tahun 2024 kami akan mengawali dengan grounbreaking lagi yang kemungkinan dilaksanakan antara Januari-Februari dan sudah terdapat 15 investor yang dalam pipeline yang menyiapkan diri," ujar Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN, Agung Wicaksono, Jumat (29/12/2023).

Agung menyampaikan bahwa rencana tersebut merupakan upaya dan komitmen untuk mewujudkan IKN sebagai kota hijau dan cerdas.

Baca Juga: Presiden Jokowi Bersama Mendikbudristek Resmikan Pembangunan Dua Sekolah di IKN

"Ini menunjukkan bahwa kami akan terus bergerak cepat di 2024 dengan groundbreaking untuk mewujudkan IKN sebagai kota hijau dan cerdas," kata eks dirut PT Transjakarta tersebut.

Groundbreaking itu terdiri dari dua jenis, pertama proyek ramah lingkungan (green project) dan yang kedua dilakukan investor swasta serta lembaga negara.

Green project akan dilakukan dengan pembangunan proyek botanical garden oleh Konsorsium Nusantara dan peluncuran Pulau Suaka Orang Utan oleh Yayasan Arsari Djojohadikusumo.

Lalu, proyek lembaga negara dan investor swasta pada awal 2024, antara lain Otoritas Jasa Keuangan (OJK) proyek pembangunan gedung kantor, proyek gedung kantor Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), proyek gedung BPJS Kesehatan, proyek gedung kantor PLN, dan proyek perkantoran/bank Mandiri.

Baca Juga: Kepala Otorita IKN: 2045 Ada Taksi Terbang di Ibu Kota Nusantara

Kemudian, proyek hotel dari Jambuluwuk, proyek hotel bintang lima dan convention center dari Royal Golden Eagle (RGE), dan groundbreaking proyek mixed used Indogrosir.

Ada juga groundbreaking proyek hunian hijau, hotel dan lapangan golf dari Ciputra, perkantoran/bank BCA, serta proyek showroom furniture.

Berikutnya, groundbreaking proyek kawasan pergudangan Sinar Primera dan proyek mixed used dari GrandLucky Superstore.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: dewantaranews.com

Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini