Pemilu Inggris Catat Rekor, Caleg Muslim Banyak Masuk Parlemen

Friday, 12 July 2024
Pemilu Inggris Catat Rekor, Caleg Muslim Banyak Masuk Parlemen
Pemilu Inggris Catat Rekor, Caleg Muslim Banyak Masuk Parlemen


MURIANETWORK.COM - 
Sebanyak 25 politikus muslim memenangkan kursi dalam pemilihan parlemen Inggris, sebuah capaian yang mencetak rekor sejarah di negara itu sejak 2019 lalu.


Outlet berita Muslim, Muslim Network, melaporkan mereka yang terpilih, 18 di antaranya berasal dari Partai Buruh, dua dari Partai Konservatif, satu dari Demokrat Liberal, dan empat independen.


Mereka terpilih menjadi anggota House of Commons, majelis rendah parlemen Inggris, di mana sejak 2019 hanya ada 19 Muslim di sana.


Seperti dilansir Anadolu Agency, dukungan warga Muslim terhadap Jalur Gaza Palestina secara signifikan telah memengaruhi pemilu.


Di Inggris, ada 3,4 juta Muslim yang tinggal tersebar di berbagai wilayah.


Pemilu kali ini pun menandai tonggak penting dalam lanskap politik Inggris, yang mencerminkan peningkatan keragaman dan dampak komunitas Muslim terhadap politik Inggris.


Pemilu di Inggris juga mencatatkan kemenangan bagi Partai Buruh pimpinan Keir Starmer. Kursi Perdana Menteri pun bakal menjadi milik Starmer menggantikan Rishi Sunak yang kalah dalam Pemilu.


Berbeda dengan Sunak, Starmer menegaskan mendukung penuh kemerdekaan Palestina dengan berpegang pada Solusi Dua Negara.


Ia juga berencana mencabut permintaan agar Pengadilan Pidana Internasional (International Criminal Court/ICC) menunda merilis surat penangkapan terhadap PM Israel Benjamin Netanyahu.


Sumber: cnn

SEBELUMNYA

Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini