Tahu Grid Politik Jokowi Berkurang, PKB dan PDIP Bersatu Dukung Anies

Monday, 17 June 2024
Tahu Grid Politik Jokowi Berkurang, PKB dan PDIP Bersatu Dukung Anies
Tahu Grid Politik Jokowi Berkurang, PKB dan PDIP Bersatu Dukung Anies


MURIANETWORK.COM -
Pengamat politik Rocky Gerung menilai Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bersatu mendukung Anies Baswedan di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jakarta 2024 karena tahu grid atau jaringan politik Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkurang.


Dan menurut Rocky Gerung, Jokowi tidak mempunyai langkah lagi untuk menghalangi PDIP dan PKB mendukung Anies Baswedan berlaga di Pilkada Jakarta 2024 sebagai calon gubernur (cagub).


"Jadi kelihatannya Jokowi tidak punya langkah lagi untuk menghalangi PDIP untuk maju terus dalam politik, demikian juga PKB, jadi kelihatannya dua partai ini jadi bersatu justru karena tahu bahwa Jokowi grid-nya terhadap politik sudah berkurang," ucapnya.


"Anies adalah faktor di situ, jadi Anies jadi pengumpul suara untuk mengaktifkan kembali politik oposisi pada Jokowi itu," imbuhnya, dikutip dari YouTube Rocky Gerung Official, Senin (17/6/2024).


Sebelumnya, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DKI Jakarta resmi mengumumkan Anies Baswedan sebagai cagub di Pilkada Jakarta 2024 pada November nanti.


Ketua DPW PKB Jakarta, Hasbiallah Ilyas menyebut pencalonan Anies Baswedan dilakukan setelah mendengar aspirasi dari tingkat ranting hingga DPC sampai DPW di DKI Jakarta.


“PKB DKI Jakarta memutuskan dengan membaca Bismillahirohmanirrohim, yaitu PKB DKI Jakarta memutuskan Anies Baswedan menjadi calon tunggal untuk mencalonkan di 2024-2029 Pilkada,” kata Hasbiallah, saat di kantor DPW PKB, Jakarta Timur, Rabu (12/6/2024), dikutip dari Suara.com


Kemudian ketika disinggung mengenai pendamping Anies di Pilkada DKI Jakarta 2024, Hasbi menjawab pihaknya terbuka dengan siapapun yang ingin menjadi calon wakil gubernur (cawagub).


Sementara, Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyebut Anies cukup menarik ketika bicara peluangnya untuk diusung di Pilkada Jakarta 2024. "Menarik juga Pak Anies," kata Puan di kompleks parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (4/6/2024), dikutip dari Detik.


Ia mengatakan PDIP terbuka bekerjasama dengan partai lain, dan sekarang masih membahas nama-nama untuk diusung. "PDIP siap bekerjasama dengan siapa saja," imbuhnya.


Sumber: populis

BERIKUTNYA

SEBELUMNYA

Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini