Tidak Hanya untuk Ibu Hamil, Berikut Manfaat Senam Kegel untuk Wanita dan Cara Melakukannya

Sunday, 4 February 2024
Tidak Hanya untuk Ibu Hamil, Berikut Manfaat Senam Kegel untuk Wanita dan Cara Melakukannya
Tidak Hanya untuk Ibu Hamil, Berikut Manfaat Senam Kegel untuk Wanita dan Cara Melakukannya

murianetwork.com - Kesehatan tubuh bukan hanya sebatas aspek fisik yang terlihat dari luar, melainkan juga mencakup kesehatan organ-organ yang tersembunyi di dalam tubuh. Salah satu latihan yang mendapat sorotan khusus dalam merawat dan memperkuat kesehatan adalah Senam Kegel.

Senam kegel menjadi latihan yang sangat bermanfaat dalam memperkuat otot dasar panggul. Otot dasar panggul yang kuat tidak hanya memberikan manfaat pada kesehatan, tetapi juga memperkuat organ-organ di dalam panggul seperti kandung kemih, usus, dan vagina.

Orang-orang dengan berat badan berlebih juga dapat merasakan manfaat dari senam kegel. Latihan ini terbukti efektif dalam membakar lemak di sekitar panggul.

Baca Juga: Pahami Penyebab Anak Usia dua Tahun Sering Menangis Tengah Malam, Bunda Wajib Tahu!

Manfaat Senam Kegel untuk Wanita

Berikut beberapa manfaat senam kegel untuk wanita:

1. Mengoptimalkan Fungsi Kandung Kemih

Senam kegel secara rutin dapat mengoptimalkan fungsi kandung kemih. Otot panggul dan kandung kemih yang kuat akan meminimalisir risiko masalah kesehatan pada kandung kemih, termasuk kebocoran urine, berlaku baik untuk perempuan maupun pria.

2. Meningkatkan Kenyamanan Saat Berhubungan Seksual

Rutin melakukan senam kegel dapat meningkatkan kenyamanan saat berhubungan seksual. Otot panggul yang kuat dapat membuat seseorang lebih peka selama berhubungan dan mencapai orgasme lebih cepat.

3. Mempermudah Proses Persalinan

Bagi ibu hamil, senam kegel memiliki manfaat luar biasa. Latihan ini dapat mempermudah proses persalinan dengan membantu bayi turun ke panggul dan mempercepat proses persalinan.

Cara Melakukan Senam Kegel

Berikut langkah-langkah melakukan senam kegel:

1. Identifikasi terlebih dahulu otot-otot kegel dalam tubuh dengan cara menahan aliran urine ketika buang air kecil. Saat melakukan tindakan ini, Bunda akan merasakan tarikan pada otot tersebut, dan itulah yang dikenal sebagai otot kegel.

2. Sebelum memulai latihan senam kegel, pastikan Bunda berbaring dalam posisi yang rileks dan nyaman dengan kaki ditekuk.

3. Setelah merasa nyaman dan rileks, angkat area perut hingga paha dengan kaki sebagai penahan.

4. Tahan posisi tersebut selama kurang lebih 5 detik, kemudian kembali ke dalam posisi semula.

5. Lakukan langkah-langkah ini beberapa kali untuk meraih hasil yang optimal.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: boenda.id

Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler