Kisah Pilu Jemaah saat di Mekah, Tak Bisa Melihat Kakbah hingga Alami Gangguan Jiwa

Tuesday, 18 June 2024
Kisah Pilu Jemaah saat di Mekah, Tak Bisa Melihat Kakbah hingga Alami Gangguan Jiwa
Kisah Pilu Jemaah saat di Mekah, Tak Bisa Melihat Kakbah hingga Alami Gangguan Jiwa


MURIANETWORK.COM -
Setiap umat muslim tentunya mempunyai keinginan untuk bisa melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci. entah itu umroh atau haji. Perjalanan selama di Mekah dan Madinah tak hanya sekadar perjalan fisik tetapi sekaligus menjadi perjalanan spiritual bagi setiap jemaah.


Jemaah mempunyai kisahnya sendiri-sendiri. Cerita tentang momen-momen penuh haru dan air mata, tentang rasa cinta dan ketulusan yang meluap dalam setiap doa dan amal ibadah. Banyak pula jemaah yang mengalami kejadian buruk yang diyakini sebagai balasan atas perbuatan jahatnya.


Pengalaman itu sebagai teguran dari Allah SWT agar mereka dapat bertaubat dan mengubah cara pandang mereka terhadap kehidupan. Kejadian aneh yang dialami selama di Tanah Suci kerap dimaknai sebagai benih keimanan supaya lebih kuat dan kokoh di dalam hati.


Pengalaman spiritual usai melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci menarik bagi banyak orang. Lantaran Mekah dan Madinah merupakan dua kota suci mustajab terkabulnya doa. Bukan hanya doa, tetapi banyak jemaah yang merasakan ganjaran langsung dari perbuatan atau perkataan buruk.


Mengutip akun TikTok @itsky, netizen menceritakan berbagai pengalaman miris sampai yang membuat haru yang dialami para keluarga, kerabat dan tetangga usai beribadah di Tanah Suci.


Kehilangan Barang


Dari kumpulan cerita yang dibagikan akun tersebut, beberapa netizen mengisahkan cerita yang sama, yakni kehilangan barang. Mereka yang barangnya hilang karena pikiran para jemaah yang terlalu memikirkan barang tersebut. Di mana semestinya harus lebih fokus beribadah dan memikirkan Allah SWT. Lantas Allah SWT memberikan teguran dengan melenyapkan benda tersebut.


"Waktu aq umroh thn 2018 temen sekamar hilang smua uangnya dekat Ka'bah ada yg minta sedekah 400rb klo mau cium hajar Aswad tpi di bilang ga punya uang," ujar salah seorang netizen.


"Kalo aku karna sebelum berangkat berpikir takut barang hilang eh kejadian, di masjid nabawi sajadah tertinggal, di hajar aswad sendal terjepit jatuh. Terus habis umroh hp sempat hilang tp alhamdulillah masih rezeki ditemukan sama TL," ungkap yang lain.


"tpi di sana emng masya Allah bgt si. bapak gue dlu pas solat di masjid nabawi recet bt blng tkt sendalnya ilang. eh beneran ilang. tapi pas udah hari terakhir disana, itu sendal ketemu lagi di tmpt yg sama dongggg", imbuh netizen lain yang memiliki kisah serupa.


Balasan Perilaku Buruk selama di Tanah Air


Seperti namanya, Tanah Suci, maka Allah SWT akan membersihkan dosa-dosa para Jemaah selama berada di sana. Allah SWT mempunyai caranya sendiri, yakni sesuai dengan apa yang mereka lakukan sebelum datang ke rumah Allah tersebut. Hal itu sekaligus sebagai balasan agar mereka bertaubat dan tidak mengulangi perilaku buruk yang pernah mereka lakukan di masa lampau.


"Kalo tetanggaku pake penglaris gitu usaha mebel pas disana semuaaa makanan yg dia makan katanya bau kemenyan (emoji menangis)," ujar netizen.


"Dulu ustad aku ngatai2 aku di blng dasar anak penyakitan komplikasi, kapan mati nya tu anak. dan tau gak pas dia ke mekkah dia langsung kak pnyakit, komplikasi dan 1 hari pun ga bsa menjalani ibadah di sana", imbuh yang lainnya.


"Kakek aku umroh, sampe di sana kena jambret + digebukin. Plg plg ke indo ngedrop. katanya itu hasil tuai selama hdup suka judi," tambah warganet juga.


Jemaah Tak Bisa Melihat Kakbah 


Kisah pilu jemaah yang tidak bisa melihat Kakbah jadi salah satu pengalaman spiritual yang kerap terdengar di telinga. Saat mendengar kisah tersebut ada rasa pilu dan iba terhadap jemaah tersebut. 


Pasalnya, salah satu alasan ribuan umat Islam ke tanah suci adalah melihat bangunan kubus yang menjadi ‘rumah Allah’. Pengalaman spiritual itu menjadi teguran keras dan pelajaran bagi kita yang belum pergi ke tanah suci untuk selalu berbuat baik.


"Ibu-ibu temen sekamarku pas beres thawaf malah tanya kabah nya mana (emoji menahan tangis) padahal pas thawaf kan mengelilingi kabah", tulis netizen.


"Tetanggaku juga ada, tpi dia umroh, katanya dia sering menggelapkan uang arisan gtu, saat dia umroh, bibirnya tidak bisa bergerak, dan tdk bsa mlht ka'bah", imbuh netizen lain.


Jemaah Mengalami Gangguan Jiwa


Islam mengajarkan umatnya untuk tidak mengambil hak atau barang milik orang lain. Sayangnya, nilai-nilai keislaman kerap diabaikan karena melihat sebuah benda tanpa tuan yang memiliki harga mahal. Lantas Allah pun memberikan teguran atas kekeliruan yang dilakukan oleh jemaah itu.


Salah satunya adalah cerita jemaah haji yang mengalami gangguan jiwa akibat mengambil sajadah tanpa pemilik di Masjid Nabawi.


"Bener banget ini. Kakekku waktu umroh nemu sajadah di bawa pulang ke indo nyampe indo malah jadi stres gila," tulis netizen.


Selain itu, jemaah juga mengambil benda tersebut karena berpikir tidak apa-apa jika diambil karena dianggap tidak berharga. 


"Aku dngr cerita dri keluargaku pas umroh satu kelompoknya ada kakek2 iseng bawa pulang jangkrik dri madinah eh gak lama uangnya hilang pas di bus (emoji sedih),” beber warganet.


"wkt ortu haji tmnnya kebawa batu sisa lempar jumroh 2hari sakit, dia baru inget ngebawa batu di suruh buang sm ustnya langsung sembuh dong", imbuh netizen lainnya. 


Sumber: viva

SEBELUMNYA

Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini